Wednesday, August 5, 2015

Fungsi Zat Gizi Berkaitan Dengan Proses Tubuh


Makanan sehari-hari yang di pilih dengan baik akan memberikan semua zat gizi yang di butuhkan untuk fungsi normal tubuh. Sebaliknya, bila makanan tidak di pilih dengan baik, tubuh akan mengalami kekurangan zat gizi. Secara umum ada tiga fungsi zat gizi untuk tubuh.
  • Memberi energi
Zat-zat gizi yang dapat memberikan energi adalah karbohidrat, lemak, dan protein. Oksidasi zat-zat gizi ini menghasilkan energi yang di perlukan tubuh untuk melakukan kegiatan atau aktifitas. Ketiga zat gizi termasuk ikatan organik yang mengandung karbon yang dapat di bakar. Ketiga zat gizi terdapat dalam jumlah paling banyak dalam bahan pangan. Dalam fungsi zat pemberi energi maka di namakan zat pembakar.
  • Pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh
Protein mineral dan air adalah bagian dari jaringan tubuh. oleh karena itu di perlukan untuk membentuk sel-sel baru. memelihara dan mengganti sel-sel yang rusak. dalam fungsi ini maka di namakan zat pembangun.
  • Mengatur proses tubuh
Protein mineral, air dan vitamin di perlukan untuk mengatur proses tubuh. protein mengatur keseimbangan air di dalam sel, bertindak sebagai buffer dalam upaya pemeliharaan netralitas tubuh dan membentuk antibodi sebgai penangkal organisme yang bersifat infektif dan bahan asing yang dapat masuk kedalam tubuh. 

Mineral dan vitamin di perlukan sebagai pengaturdalam proses-proses oksidasi, fungsi normal saraf dan otot serta banyak proses lain yang terjadi di dalam tubuh termasuk menua. Air di perlukan untuk melarutkan bahan-bahan di dalam tubuh, seperti di dalam darah, cairan pencernaan, jaringan dan mengatur suhu tubuh. Dan fungsi mengatur proses tubuh ini, protein, mineral, air, dan vitamin, Dalam fungsinya di sebut zat pengatur.

No comments:

Post a Comment