Thursday, August 6, 2015

Anatomi Ginjal


Ginjal adalah sepasang organ saluran kemih yang terletak di rongga retroperitonial bagian atas. Bentuknya menyerupai kacang dengan sisi cekungnya menghadap ke medial. Cekungan ini disebut dengan hilus renalis, yang di dalam nya terdapat apeks renalis dan struktur lain yang merawat ginjal. yakni pembuluh darah, sistem limfatik, dan sistem saraf.

Besar dan berat ginjal sangat bervariasi, hal ini tergantung pada jenis kelamin, umur, serta ada tidaknya ginjal pada sisi lain. Dalam hal ini, ginjal lelaki relatif lebih besar ukuranya dari pada perempuan. Pada orang yang mempunyai ginjal tunggal yang di dapat sejak usia anak, ukuranya lebih besar dari pada ginjal normal. Pada autopsi klinis didapatkan bahwa ukuran rata-rata ginjal orang dewasa adalah 11,5 cm (panjang) x 6 cm x 3,5 cm (tebal). beratnya bervariasi antara 120 - 170 gram, atau kurang lebih 0,4% dari berat badan.

Struktur di sekitar ginjal

Ginjal di bungkus oleh jaringan fibrus tipis dan mengkilat yang di sebut dengan kapsula fibrosa ( true kapsul) ginjal. Yang melekat pada parenkim ginjal. diluar kapsul fibrosa terdapat jaringan lemak yang di sebelah luarnya di batasi oleh gerota. Diantara kapsula fibrosa ginjal dengan kapsula gerota terdapat rongga perirenal.

Disebelah kiri ginjal terdapat kelenjar anak ginjal atau glandula adrenal atau disebut juga kelenjar suprarenal yang berwarna kuning. Kelenjar adrena bersama ginjal dan jaringan lemak parienal di bungkus oleh facia gerota. Fasia ini berfungsi sebagai barier yang menghambat meluasnya perdarahan dari parenkim ginjal serta mencegah ektravasasi urine pada saat terjadi trauma ginjal. Selain itu facia gerota  dapat pula sebgai barier untuk menghambat penyebaran infeksi atau menghambat metastasis tumor ginjal ke organ ke sekitarnya. Diluar facia gerota terdapat jaringan lemak retroperitenial yang terbungkus oleh peritonium posterior. Rongga diantara kapsula gerota dan peritonium ini di sebut rongga pararenal.

Di sebelah posterior, ginjal di lindungi oleh berbagai otot punggung yang tebal serta tulang rusuk ke XI dan XII, sedangkan sebelah anterior di lindungi oleh organ intraperitonial. Ginjal kanan di kelilingi oleh hepar, kolon, dan duodenum, sedangkan ginjal kiri di kelilingi oleh lien, lambung, pangkreas, jejenum, dan kolon.

No comments:

Post a Comment